CV. Jogja Geologi Survey

Anda Membutuhkan Jasa Konsultan Tambang dan Geologi, Untuk Perizinan Maupun Kajian Teknis Lainnya? Hubungi Kami CV. JGS 0853 233 53108. Kami siap membantu anda

Wednesday 14 March 2012

MAPINFO TUTORIAL

BAB 1
PENDAHULUAN



1.1 Mengapa Menggunakan MapInfo?
Sistem Informasi Geografis atau Geographic Information System (GIS), merupakan suatu proses pekerjaan yang menggabungkan dan terdiri atas beberapa hal seperti peta, tabel, analisa, hasil keluaran, dan alat bantu komputer. GIS tidak selalu menggunakan komputer, namun karena lingkup pekerjaan yang sangat kompleks dan memerlukan ketelitian yang tinggi, saat ini komputer merupakan alat bantu satu-satunya yang sangat membantu efisiensi pekerjaan GIS.
Untuk mempermudah dalam membangun sistem serta melakukan proses analisa, manipulasi obyek, pemanggilan, penyimpanan, dan pengeluaran hasil kerja, maka banyak lembaga atau perseorangan yang membuat alat dan atau program aplikasi untuk mempermudah hal-hal tersebut di atas. Program aplikasi itulah yang sering disebut sebagai program aplikasi GIS.
Studi tentang Strategic Structural Plan for Kuta (SSPK) yang sekarang menjadi Strategi Manajemen Perkotaan Kuta (SMPK) setelah ditetapkan menjadi produk hukum melalui Keputusan Bupati Badung No. 1226 Tahun 2002 Tgl. 5 Nopember 2003 lokasi studinya di Kawasan Samigita (Semingak, Legian dan Kuta) dipilih menggunakan sofware MapInfo dan Autocad dalam proses penyusunan peta-peta eksisting maupun peta-peta perencanaan karena kemudahan dalam pemakaian dan merupakan salah satu program aplikasi yang banyak dipakai di instansi pemerintah. Kemudahan pemakaian sangat membantu dalam implementasi pemindahan ilmu (transfer of knowledge) kepada staf teknis di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung, serta kemudahan untuk mengupdate maupun dalam mengcopy file antara satu instansi dengan instansi lainnya sesuai dengan data yang dibutuhkan.
1.2 Kemampuan
Apabila dilihat dari kemampuannya sebagai program aplikasi GIS, MapInfo memberikan dan menyediakan berbagai macam kemampuan, diantaranya sebagai berikut :
 Program aplikasi GIS dapat berintegrasi dengan program aplikasi lain seperti pengolah kata (word) dan tabulasi (spreadsheet). Dengan kemampuannya, MapInfo dapat melakukan editing langsung dari program aplikasi lain, tanpa harus berulangkali berpindah dari satu program ke program lain.
 Menyediakan format file yang dapat memberikan atau menerima format file ke/dari program aplikasi GIS lain, bahkan untuk program aplikasi umum.
 Melakukan pemanggilan lebih dari satu file secara bersamaan, melakukan kontrol layer secara individual, serta kontrol dan perubahan proyeksi peta dan koordinat.
 Menyediakan perangkat perintah makro dengan alat bantu MapBasic Window, yang memungkinkan pengguna dapat melakukan perintah berulang-ulang dengan satu kali perintah.
 Serta banyak kemampuan-kemampuan lain yang dapat diketahui hanya apabila digunakan.
1.3 Dokumentasi File MapInfo
Sebagai tambahan untuk User’s Guide yang ada, secara otomatis dimasukkan dalam proses instalasi tentang online Reference, Online Help, StatusBar, dan Tutorial.
1.3.1 MapInfo Reference
MapInfo Online Reference adalah panduan lengkap untuk semua menu perintah, tools, dan fungsi dari setiap perintah yang ada pada MapInfo. Dalam Reference tersebut, menu perintah diurutkan berdasar huruf abjad, serta diberikan intruksi lengkap langkah demi langkah untuk setiap perintah dan variasinya.
Reference didokumentasikan dalam format Adobe Acrobat Reader, sehingga hanya dapat dibaca dengan program dan format yang sama. Untuk dapat meng-akses Reference, lakukan langkah sebagai berikut :
1) Lakukan instalasi program aplikasi Adobe Acrobat Reader yang terdapat pada CD Installer MapInfo.
2) Pindahkan file-file sebagai berikut di bawah dari CD Installer MapInfo, kedalam directory C:\Program Files\MapInfo.
 mi_ref.pdf, yang merupakan Reference Guide dari MapInfo Professional 5.0, membutuhkan 3 MB tempat di Harddisk.
 crw_ref.pdf, yang merupakan User Guide untuk Crystal Reports, membutuhkan 13 MB tempat di Harddisk.
3) Dari Windows Explorer, klik 2 (dua) kali file yang ingin dibaca. Secara otomatis file tersebut akan terbuka menggunakan program aplikasi Adobe Acrobat Reader.
1.3.2 MapInfo Tutorial
MapInfo Tutorial merupakan komponen aplikasi dari MapInfo yang memberikan tuntunan dan contoh langsung secara visual pada layar komputer, tentang langkah-langkah penggunaan MapInfo. Untuk dapat meng-akses aplikasi ini, dapat dilakukan secara langsung dari CD Installer MapInfo 5.0 dengan melakukan perintah sebagai berikut. Pilih What’s New > Run MapInfo Tutorial.
1.3.3 MapInfo StatusBar
MapInfo StatusBar berada pada bagian paling bawah dari layar MapInfo. Selama bekerja dengan MapInfo, StatusBar tersebut akan memberikan informasi yang sangat diperlukan seperti yang akan dijelaskan berikut di bawah. Untuk menampilkan dan menutup StatusBar, lakukan perintah: Option >Show / Hide StatusBar.
 StatusBar Help. Menampilkan informasi mengenai penjelasan setiap menu perintah yang ada di menu bar. Setiap kali cursor digerakkan dan berada di atas sebuah menu perintah, pada statusbar akan tertulis informasi fungsi dari perintah yang bersangkutan.
 Zoom Layer. Menampilkan penampilan window (zoom) dalam ukuran lebar window. Informasi lain dari status ini adalah skala peta dan lokasi cursor. Pemindahan jenis informasi dilakukan dengan menekan tombol panah disamping setiap informasi pada StatusBar.
 Editable Layer. Menampilkan file atau layer peta yang berada dalam kondisi editing. Sekaligus pada StatusBar tersebut, dapat dilakukan pemindahan layer peta yang dikehendaki untuk di edit.
 Browser Window Records. Menampilkan jumlah record dari tabel browser yang ditampilkan.
 Snap-to-Node. Menampilkan informasi penggunaan snap, yang ditampilkan dengan huruf S.
1.3.4 File Kerja MapInfo
File kerja adalah file-file yang terbentuk dan disimpan pada saat bekerja dengan program aplikasi MapInfo 5.0. Pada dasarnya, setiap file atau tabel dalam MapInfo 5.0 terdiri atas file-file berikut ini.



JENDELA (WINDOW) MAPINFO


















FILE ATAU TABLE DALAM MAPINFO
Akhiran File Keterangan
File Vektor Image :
Mapnfo File.DAT File yang berisi data atribut, dalam format bahasa program MapInfo 5.0.
Mapnfo File.ID File yang berisi header untuk kode data atribut.
Mapnfo File.IND File yang berisi header untuk kode data indeks.
Mapnfo File.MAP File data obyek grafis dalam bentuk bahasa mesin.
Mapnfo File.TAB File yang berisi header untuk data atribut
Mapnfo File.WOR Batch file yang berisi kumpulan setting peta tematik atau untuk keperluan cetak.


Akhiran File Keterangan
File Raster Image :
Filename.BMP Windows Bitmap
Filename.JPG JPEG – Joint Photographic Experts Group
Filename.TIF TIFF – Tagged Image File Format
Filename.GIF Graphics Interchange Format
Filename.TGA Truevision TGA (Targa)
Filename.PCX Zsoft Paintbrush
Filename.BIL SPOT – Satellite Pour I’Observation de la Terre
File Import/Export :
Mapnfo File.MIF File ASCII yang merupakan header data file yang bersangkutan
Mapnfo File.MID File ASCII yang merupakan isi data obyek grfais dan data atribut

File-file tersebut dalam tabel di atas perlu diketahui terutama untuk keperluan pengaturan file dalam harddisk, atau pemindahan file dengan menggunakan Windows Explorer. Jangan sekali-kali mengubah file dengan menghapus atau menambah isi file, karena akan mengakibatkan file tidak bisa dibuka kembali dengan program aplikasi MapInfo.
File Raster Image merupakan file yang berasal dari luar MapInfo, seperti dari hasil scanning ataupun CCT (Computer Compatible Tape) yang biasanya merupakan data yang diperoleh dari satelit.


1.3.5 Bagan Menu Perintah MapInfo
Untuk memudahkan pengguna dalam menjalankan program MapInfo, di bawah ini akan diberikan diagram pohon menu perintah yang seringkali digunakan, terutama dalam rangka membantu pelaksanaan Studi Strategic Structural Plan for Kuta (SSPK).
Diagram pohon tersebut akan mempermudah mencari dan menelusuri letak perintah yang diinginkan didalam kelompok menu perintah MapInfo.



































1.3.6 Diagram Alir Penggunaan MapInfo
Tidak semua menu perintah yang ada dalam MapInfo ini akan digunakan, terutama untuk keperluan studi tentang angkutan umum. Diagram alir sederhana di bawah ini akan memberikan gambaran tentang langkah-langkah tersebut. Dari diagram langkah itu, kemudian dikonversi menjadi diagram perintah yang terdapat pada menu aplikasi MapInfo.
Dari kedua diagram tersebut, tidak akan menjelaskan secara detail, tetapi hanya memberikan gambaran tentang menu utama yang sering digunakan.

1 comment:

  1. Bagaimana cara memotong dan menggabungkan peta di dalam satu layer?
    terima kasih

    ReplyDelete

monggoh belajar berkomentar, matur nuwun

Contact

Kami Siap Melayani

CV. Jogja Geologi Survey siap membantu Prizinan IUP, Survey Geologi Maupun Kegiatan Lainnya, Kami akan memberikan segala yang terbaik mulai dari Perizinan Awal WIUP, hingga Kegiatan Eksplorasi dan Produksi. Dengan hasil terbaik dan harga terbaik..

Address:

Yogyakarta, Jalan Magelang,

07 Am:

Monday - Friday from 9am to 5pm

085323353108

Powered by Blogger.